Sabtu, 09 Juli 2011

Bassist Indonesia Yang Maennya WOOOOAAAAH!!!!!!

1. BONDAN PRAKOSO

Bondan Prakoso memulai karir bermusiknya sebagai seorang penyanyi cilik. Lagunya yang paling melejit adalah 'Lumba-lumba'. Sebagai penyanyi cilik, ia telah merilis 8 album. Tahun 1999 ia mulai bergabung dengan band Funky Kopral sebagai bassis. Setelah Funky Kopral merilis 3 album, Bondan hengkang dan bersolo karir. Tahun 2002 Bondan berhasil merilis album perdananya dengan menggandeng rapper asal Bogor, Fade 2 Black. Hingga kini ia solid dengan Fade 2 Black namun berencana untuk kembali membuat band.


Nama  : Bondan Prakoso (Mr. B)
Ttl       : Solo, 8 Mei 1984
Posisi  : vokalis & bassis

2. THOMAS RAMDHAN

Thomas Ramdhan adalah salah satu dari pendiri GIGI.
Nama asli / lengkap : Thomas Ramdhan
Tempat / tgl lahir : Bandung, 5 Maret 1967
Motto hidup : ” MENIKMATI DAN MENSYUKURI APA YANG ADA “
Bassist favorit : Yance Manusama,Jimmy Suhendra, Yuke Sumeru,
Erwin Gutawa, Billy Sheehan
Jenis music favorit : Rock
Group : GIGI (1994 – Sekarang)

Pada waktu dia SD, dia udah ngeband dan saat SMP tergabung dalam grup Crazy Boy. Posisi dia saat itu masih menjadi gitaris.

Saat menginjak kelas dua SMU, ada kejadian unik bin menarik. Bassist Crazy Boy lagi ‘sibuk’ pacaran dan jarang latihan. Dan mulai saaatitu pula Thomas mengisi bassist itu.

Dari kejadian itu hingga saat ini Thomas bermain bass.

Thomas telah menemukan bass dengan tuning berbeda dari yg lain. Biasanya bass yg lazim itu urutan senarnya G-D-A-E, tapi Thomas merubah menjadi G-D-G-D dengan senar 1 dan 2 oktaf rendah. Mengapa tidak mau memakai bass senar lima? Kata Thomas dia ribet bgt dg bass itu. Katanya lagi jarinya pendek-pendek. Mau coba????

Bassist dengan talenta groove yang unik, friendship dan banyak diskusi bareng, bassist sabar yang lebih memilih Alluric Rhythm Groove, main Reggae-nya juga asyik, dialbum Slank dia buktiin bahwa main bass ngga perlu rumit dan banyak note, hanya perlu Soul dengan pendekatan Rock n Roll and Blues aja. Style apa adanya plus Kupluk yang selalu menemaninya di setiap konser musik Slank dengan pembawaan yang cool banget adalah ciri khas dari Bassist berkulit gelap ini. Dia adalah Ivanka, pencabik bass Slank yang pernah mengorbitkan dan menggarap salah satu album reggae negeri ini, Cozy Republik.

3. IVAN SLANK

Ivanka adalah kepanjangan dari Ivan Kurniawan Arifin yang merupakan nama lengkapnya. Dalam Group Slank, Ivanka menggantikan posisi Bongky yang hengkang pada tahun 1997. Ivanka gabung bersama slank pada formasi slank ke 14 (Bimbim, Kaka, Abdee dan Ridho) yang pada waktu itu mengalami masa transisi. Pria kelahiran Jakarta, pada tanggal 09 Desember 1971 ini, sebelumnya pernah ngeband bareng Abdee Negara di Flash Band pada tahun 1988 dan Imanez pada tahun 1994. Bersama Slank Ivanka telah menghasilkan album - album Slank yang spektakuler, mulai dari album lagi sedih hingga sekarang...




4. INDRO

Indro Hardjodikoro adalah salah seorang musisi senior yang terkenal di jazz scene tanah air. Indro yang pernah memperkuat kelompok simakDialog ini merupakan brandmark pemain bass-elektrik di Indonesia. Ia telah main di berbagai kesempatan dengan beragam format orkes. Indro baru saja merilis album debutnya, “Indro Hardjodikoro – Feels Free” yang ia launching di Java Jazz Festival 2010. Serambi Jazz adalah kesempatan berikut Indro bersama Demas Narawangsa dan Lal Intje Makkah menampilkan karya-karya dari album itu. Di acara dua bulanan ini Indro Hardjodikoro trio dibantu oleh Aditya Bayu, gitaris muda yang namanya sedang hangat dibicarakan.

Bassist Indro Hardjodikoro yang telah malang melintang dalam industri musik Indonesia lewat berbagai album pop dan jazz,mencoba mengemuka dengan album solo perdana.Entah kenapa baru sekarang Indro merilis album solonya.
Namun yang jelas,Indro berupaya untuk menampilkan nuansa personal dalam albumnya yang bercorak fusion ini. Setidaknya kita bisa menangkap warna seperti inilah yang menjadi bagian personal musik yang digeluti Indro.

Di album ini Indro tampil bersama Demas Narawangsa (drums),Lal Intje Makkah (keyboard),Irfan Chasmala (keyboards) serta dua gitaris jazz lintas generasi Oele Pattiselanno dan Tohpati Ario.
Dengan menggunakan bass Music Man String 5 Indro menjelajahi musik fusion yang pernah mengharu biru industri musik negeri ini pada era 80-an.

5. WIMA J-ROCKS

Nama : Swara Wimayoga
Part : bassist
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 29 Nopember 1981
Sekolah : SD 01 Pagi Kelapa Gading, SD Angkasa IX, SMP 81, SMUN 39 Cijantung,UNIV Budi Luhur
Hobbies & interest: music, hang out dengan teman, travelling, tour, membagi dengan senior musicians
buku fave : The Devil and Miss Prym, Dragon Ball, Crayon Shincan, Master Cooking Boy, BreakShot, Da Vinci Code
Fave movies : LOTR trilogy, Back to The Future Trilogy, Warkop DKI, science fiction,action, horror (not thriller), comedy, romance
Fave music : rock, punk, emo..just rocks
Fave musicians : Queen, Muse, MEW, Biohazard, Avenged Sevenfolds, Radiohead, Laruku,Naitomea, Tokyo Jihen, Amusement Parks on Fire, Twelve Tribes, God is an Astronaut, Me First and The Gimme Gimmes, Jaco Pastorius, The Wailers, Rammstein, Voodoo Glow Skulls, etc.

6. BAGUS NETRAL
Nama Lengkap : Bagus Dhanar Dhana
Nama Panggilan : Bagus
Posisi Di Band : Bassist dan Vocalist
Tempat/Tgl.Lahir : Jakarta,17 Januari 1971
Agama : Islam
Alamat email : [email]netral@cbn.net.id[/email]
Anak Ke- / Dari : 2 / 3
Tinggi / Berat : 178 / 84
Pendidikan : SMA Negeri 60 Jakarta
APT Trisakti
Hobby : Main Bola dan Play Station
Bintang Film Fav : Benyamin S.
Musisi Fav : 80's - 90's rock band
Film Fav : The Simpson, Blair witch project
Makanan Fav : Nasi padang
Tempat Liburan Fav : Puncak { ke gunung )

Discography :

1. 7 Agustus 1995 Album Pertama
2. 30 Juli 1996 Album Kedua
3. 16 Januari 1998 Album Ketiga
4. 9 Juni 1999 Album Keempat
5. 30 Juli 2000 Album Netral is the best
6. 28 Agustus 2001 album ke lima

Karier Bermusik :

1. Thn.1992 - 2002 : netral
2. Thn.1998 : Add. Backing Vocal di Album Ahmad Band 1

© 2007 NetralMusik.com

7. NISSA OMELETTE
Nama aslinya Tjut Faranissa Bachrumsyah. Bassist satu ini lahir di Jakarta, 22 April 1989 dan tercatat sudah bergabung dengan bermacam-macam band seperti Aria Grands, Telor Ceplok, Music School All Stars, Kotak, hingga akhirnya bermuara di Omelette. Awalnya, Nissa mengenal musik sejak masih balita. Maklum saja, sang mama ternyata adalah salah satu personel Aria Band yang laris di TVRI di era 1980-an. Dari situ ia pun diarahkan untuk mengenal musik lebih jauh. Ia diminta mendalami piano. Namun lama-kelamaan piano tidak membuatnya jatuh cinta, dan akhirnya ia tertarik pada bass di kelas 6 SD. Seiring karirnya, pada tahun 2005 akhir, Nissa ditawari Thomas Ramadhan di album BASS HEROES yang di bawah asuhan Sony BMG - dan tampil di lagu Rush.

8. YUKE DEWA
Yuke Sampurna yang lebih dikenal dengan Yuke lahir di Bandung 19 Juni 1968, anak bungsu dari sepuluh bersaudara hasil pernika-
han antara R.T.M Soebrata dengan Ny. Suliningsih. Sebelum menyukai alat musik Bass Yuke terlebih dahulu memainkan alat musik drum ( kelas 3 SMP Negeri 7 Bandung ) setelah masuk SMA mulai mencoba memainkan alat musik dengan empat senar yaitu Bass. Bakat bermain musiknya diperoleh dari kedua orang tua yang juga mahir memainkan berbagai macam alat musik seperti Gitar, biola dan organ. Dan bakat itu sendiri didukung oleh kesembilan orang kakaknya yang juga mempunyai bakat dan ketertarikan dibidang musik.

Dari kecil Yuke tinggal di kota Bandung dan mempunyai teman yang sangat banyak dari mulai SMP sampai SMA, kebiasan buruk waktu SMP adalah suka berantem karena wataknya yang keras tapi lebih mudah bergaul itu adalah salah satu ciri khasnya. Di SMA Yuke sempat mengikuti ekstra kurikuler vokal grup sampai di perguruan tinggi dan mulai ngeband antar sekolah sebagai pemain Bass.

Setelah gagal melewati D3 Sastra Jepang UNPAD dan D3 Tours & Travel STIEPAR Yuke mulai serius meniti karir di jalur musik dan bertemu dengan Deta, Reza & Rika membentuk sebuah Band yang bernama "Odissey" yang sering keluar masuk cafe2 di Bandung membawakan lagu2 disco 80an, setelah berjalan 5 tahun "Odissey" bongkar pasang personil dan sekitar tahun 1997 berganti nama menjadi "The Groove". Pada Tahun 1999 Yuke bersama Bandnya merelease album pertama mereka. Yuke adalah salah satu motor yang membuat band ini menembus blantika musik Indonesia dengan warnanya sendiri.

Pada waktu Yuke dan Bandnya sering tampil di cafe2, dia bertemu dengan seorang gadis yang sedang menonton aksi panggungya, gadis itu bernama lengkap Namara Surtikanti yang belakangan lebih akrab di panggil Kikan "Cokelat". Setelah melewati proses pacaran selama hampir 2 tahun Yuke memastikan bahwa Kikan adalah pasangan hidupnya pada tanggal 02 bulan Februari tahun 2002. Pada tanggal 21 Januari 2003 pasangan tersebut dikaruniai seorang putri yang di beri nama Shira Sampurna dan pada tanggal 27 April 2004 semakin genap kebahagian mereka dengan lahirnya putra kedua yang di beri nama Kei Sampurna.

Pada tahun pertengahan 2000 di salah satu cafe di jakarta Yuke bertemu dengan Once & Tyo, mereka menawarkan untuk membantu Tur Dewa di 36 kota sebagai additional player dan Yuke waktu itu masih sibuk dengan Bandnya. Pada tahun 2002 Yuke kembali bertemu dengan manajer Dewa di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta dan kembali mendapat tawaran kedua untuk membantu Tur Mistikus sebagai additional player. Yuke harus mengambil keputusan yang cukup sulit, setelah dipikirkannya matang2 maka Yuke merima tawaran tersebut dan resmi menjadi personil tetap.

9. JAWA MALIQ & D'ESSENTIAL
Jawa adalah salah satu bassist groovy terbaik di indonesia,,kini dy bermain utk grup musik MALIQ & D'ESSENTIAL






Dari Berbagai Sumber

0 komentar: