Senin, 20 Juni 2011

Three Screen of Death

Pernahkah kamu mendapat pesan kematian, bukan dari seorang yang ingin mengancam keselamatan jiwamu tapi pesan ini ditampilkan oleh sistem operasi. Bukan berarti sistem operasi ini akan mengancam nyawamu suatu saat nanti, tidak perlu takut. Pembahasannya sebagai berikut:

BSoD
 
Blue screen of death (BSOD : Layar Biru Kematian), atau kadang disebut "layar biru" (bluescreen) saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, atau Vista biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death (layar hitam kematian) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.

Kejadian yang dianggap paling populer mengenai BSOD adalah ketika Bill Gates mempresentasikan Windows 98, yang ketika itu masih belum diluncurkan, di COMDEX, pada 20 April 1998. Komputer yang digunakan untuk demonstrasi tiba-tiba crash dan menampilkan BSOD ketika asisten Bill Gates, Chris Caposella menghubungkan sebuah scanner ke komputer tersebut (rekaman peristiwa ini dapat dilihat disini). Hal ini memancing tawa dan tepuk tangan dari penonton, dan kejadian ini amat mempermalukan Microsoft. Bill Gates sendiri saat itu berkata, "Pasti ini sebabnya kenapa kami belum menjual Windows 98".

RSoD
Red Screen of Death (RSod) ialah sebuah nama pesan error yang ada di beberapa versi beta sistem operasi keluaran Microsoft, Windows Vista. Itu dapat terjadi di Beta 1 (Build 5112) untuk semua kesalahan "error" kecuali boot loader error. Pesan ini jarang ditemui dan pada awal pembuatan windows 98 pesan ini diberi kode nama "Memphis".

Pesan error ini juga ditemukan di lotus notes, tetapi berbeda dengan RSoD maupun BSoD Pesan ini berwarna merah dengan warna huruf hitam.


BlSoD
Black Screen Of Death, lho memang ada yang warna hitam? Ya ada tapi BlSoD tidak hanya muncul di windows saja tetapi muncul juga di console game juga saat error.








Sumber : meenato.blogspot.com

0 komentar: