Kamis, 02 Juni 2011

Keutamaan Ilmu atas Harta

Keutamaan ilmu dibandingkan harta antara lain adalah :


  1. Ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan para raja dam orang-orang kaya.
  2. Ilmu menjaga pemiliknya, sedangkan harta harus dijaga oleh pemiliknya.
  3. Harta habis jika dipakai (dibelanjakan), sedangkan ilmu semakin bertambah jika dipakai.
  4. Pemilik harta akan meninggalkan hartanya jika mati, sedangkan ilmu akan dibawa hingga ke alam kubur.
  5. Ilmu bisa mengatur harta, sedangkan harta tidak bisa mengatur ilmu.
  6. Jiwa menjadi bersih karena banyaknya ilmu dan mulia karena memperoleh ilmu. Adapun harta tidak bisa membersihkan jiwa dan menyempurnakannya. Bahkan jiwa akan terus merasa kurang, kikir, dan rakus karena banyaknya harta.
  7. Ketamakan seseorang terhadap ilmu adalah inti dari kesempurnaannya. Ketamakannya terhadap harta adalah inti dan kekurangannya.
  8. Harta selalu mengajak pada kezaliman dan kesombongan, sedangkan ilmu mengajak pada tawadhu' dan pelaksanaan ibadah yang benah.
  9. Cinta ilmu dan mencarinya adalah pokok dari segala ketaatan, sedangkan cinta harta dan mencarinya adalah pokok dari segala kejelekan.
  10. Ketaatan kepada Allah hanya dapat diperoleh dengan ilmu, sedangkan mayoritas orang yang durhaka kepada Allah disebabkan oleh harta.
  11. Pemilik harta dipuji ketika ia mengeluarkan hartanya, sedangkan pemilik ilmu dipuji karena ilmu dan sifat yang menghiasinya.
  12. Orang yang kaya harta, kekayaannya pasti akan ia tinggalkan, serta merasa sakit dan sedih karena berpisah dengannya. Adapun orang kaya ilmu, kekayaannya akan abadi serta tidak menyebabkan sakit dan sedih.
Jika demikian, kekayaan harta adalah kenikmatan semu yang mengakibatkan rasa sakit. Sementara kenikmatan ilmu adalah kenikmatan yang abadi yang tidak diiringi rasa sakit.

Sumber : Buku Olahraga Hati

    0 komentar: