Selasa, 07 Juni 2011

"CityVille", Serasa Menjadi Walikota Sebuah Kota

CityVille adalah sebuah game simulasi membangun kota yang dikembangkan oleh Zynga, dan dirilis pada bulan Desember 2010. Game ini hampir sama dengan Sim City, yang tujuannya yaitu bangun kotamu melalui pertanian, membangun fasilitas-fasilitas kota seperti rumah; kantor-kantor; pabrik; hotel; dan lain sebagainya, serta mengumpulkan hasil sewa.
CityVille merupakan Web-based game atau game yang hanya bisa di mainkan melalui internet menggunakan browser, dan CityVille bisa dimainkan hanya lewat Facebook saja. Permainan ini memiliki 100.000 pemain pada hari peluncurannya sehingga menjadi peluncuran Zynga terbesar yang pernah pada saat peluncurannya pada tanggal 2 Januari 2011. CityVille mengalahkan rekor saudaranya yaitu FarmVille.  Menurut AppData (situs yang mengulas metrik aplikasi di Facebook), game CityVille kini memiliki 16,8 juta pengguna aktif harian. Angka ini otomatis telah mengalahkan FarmVille, yang memiliki sekira 16,4 juta pengguna aktif harian.




AppData juga mengatakan, CityVille memiliki 99.9 juta pengguna aktif per bulan, dan bertambah 400,000 pengguna aktif bulanan baru tiap harinya. Ini berarti angka 100 juta penguna aktif bulanan sudah pasti tercapai saat update data selanjutnya.


Gameplay

CityVille memungkinkan pemain untuk menjadi walikota sebuah kota virtual dan untuk mengawasi perkembangannya menjadi sebuah kota metropolis besar. Pemain dapat melakukan tugas-tugas, yang meliputi pertanian, konstruksi, dan penagihan sewa di kota mereka menggunakan energi. Jumlah energi yang tersedia akan bertambah jika level pemain meningkat. Energi diisi ulang secara otomatis tiap 4 menit secara konstan.

Pemain juga dapat mengunjungi kota tetangga mereka dan melakukan hingga 5 pekerjaan di tiap kota tetangga per harinya. Hal ini memberikan poin reputasi yang menguntungkan bagi pemain dan memdapatkan bonus barang gratis dengan masing-masing tingkatan level dan meningkatkan jumlah energi, XP dan bonus koin tersedia pada setiap hari. Pemain dapat mengirim hadiah kepada pemain lainnya (tetangganya) dan membantu mereka dalam beberapa tujuan.


Tugas utama dari permainan ini adalah untuk menyelesaikan tujuan, yang dapat dilihat di sudut kiri atas layar dan mendapatkan Kota Koin dan membeli semua item. Pemain juga dapat membeli barang, menjual barang, (barang pasokan ke kota-kota pemain lain jika cabang-cabang bisnis mereka berada di kota-kota mereka) dan memproduksi barang mereka sendiri dengan pertanian dan pelayaran. Game simulasi ini tingkatan levelnya sampai level 80.

Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber lainnya

0 komentar: